Langsung ke konten utama

Peradaban India kuno


Peradaban India kuno di bagi 2:

Peradaban Lembah Sungai Shindu/Indus

Peradaban Lembah Indus terdapat di India sekarang berada diwilayah negara Pakistan. Kebudayaan Indus (Sindhu) berkembang antara tahun 3000 SM – 1000 SM, wujudnya berupa kota kuno Mohenjo Daro dan Harappa. Kebudayaan Indus ini didukung oleh bangsa Dravida yang berbadan pendek, berhidung pesek, berkulit hitam, berambut keriting. Kebudayaan Indus berhasil diteliti oleh seorang arkeolog Inggris, Sir John Marshal, yang dibantu Banerji (orang India).


Peradaban Lembah Sungai Gangga

          Pendukung kebudayaan Gangga adalah orang-orang Arya. Mereka berasal dari sekitar Laut Kaspia. Akibat kedatangan bangsa Arya, bangsa Dravida terdesak dan menyingkir ke India Selatan. Namun, tidak dapat dihindari terjadinya percampuran antara dua kebudayaan yang akhirnya melahirkan hinduisme. 
         Bangsa Arya menguasai daerah subur di sekitar Sungai Gangga .Mereka menyebutnya sebagai daerah Arya Warta , artinya tanah orang Hindu.Untuk membatasi adanya percampuran ras, maka diciptakanlah Kasta. Orang berada pada kasta brahmana, ksatria, dan sedikit pada kasta waisya.

a.  Kasta Brahmana ialah golongan para ahli agama dan ilmu pengetahuan.

b.Kasta Waisya ialah golongan pedagang dan petani. Mereka merupakan golongan yang berusaha keras.

c.  Kasta Ksatria ialah golongan ksatria dan para prajurit.

d.  Kasta Sudra ialah golongan buruh kasar dan hamba atau budak.

Agama

a. Agama Hindu.
    Agama Hindu memuja dewa-dewa, ada tiga dewa yang paling terkemuka Dewa Brahma sebagai pencipta alam, Dewa Wisnu sebagai pemelihara alam, dan Dewa Syiwa sebagai perusak alam. Kitab sucinya disebut Weda yang terdiri dari 4 bagian, yaitu :
  • Reg Veda, berisi tentang ajaran-ajaran Hindu, merupakan kitab tertua (1500-900 SM)

  • Yajur Veda, berisi doa-doa yang dibacakan waktu diselenggarakan upacara agama

  • Sama Veda, berisi nyanyian puji-pujian yang wajib dinyanyikan saat upacara agama

  • Atharwa Veda, berisi kumpulan mantera-mantera gaib, doa-doa untuk menyembuhkan penyakit.


b. Agama Buddha.
Agama Budha muncul sebagai reaksi terhadap dominasi golongan Brahmana atas ajaran dan ritual keagamaan dalam masyarakat India. Selain itu adanya larangan bagi orang awam untuk mempelajari kitab suci. Bahkan sebelumnya kaum ksatria dan raja harus tunduk kepada Brahmana. Sidharta memandang bahwa sistem kasta dapat memecah belah masyarakat bahkan sistem kasta dianggap membedakan derajat dan martabat manusia berdasarkan kelahiran. Oleh karena itu, Sidharta berusaha mencari jalan lain untuk mencapai moksa yang kemudian berhasil ia peroleh di Bodhgaya (tempat ia memperoleh penerangan agung). Pahamnya disebut agama Budha. Menurut agama Budha kesempurnaan (Nirwana) dapat dicapai setiap orang tanpa harus melalui bantuan pendeta/ kaum Brahmana. Kitab sucinya, yaitu :
1. Sutta (Suttanata) Pitaka berisi kumpulan khotbah, pokok-pokok atau dasar ajaran sang Buddha
2. Vinaya Pitaka berisi kodefikasi aturan-aturan yang berkenaan dengan kehidupan pendeta atau segala macam peraturan dan hukum yang menentukan cara hidup para pemeluknya.
3. Abhrdharma Pitaka berisi filosofi (falsafah agama), psikologi, klasifikasi, dan sistematisasi doktrin.

Kerajaan Dan Sistem Pemerintahan India Kuno

1) India Di Bawah Persia

India jatuh ke tangan bangsa Persia dibawah Kaisar Darius.

2) Dinasti Maurya

Pemerintahannya nepoteisme.

3) Raja Ashoka

Buddha ditetapkan sebagai agama tetap oleh Raja Ashoka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTAGRAM

Instagram adalah salah satu media sosial yang sedang viral pada saat ini. Banyak pengguna Instagram yang menggunakannya sebagai alat perdagangan pangan dan juga pakan, ada juga yang menggunakannya untuk ajang pamer atau hanya untuk berbagi moment.  follow me on Instagram @steviina

PEMBABAKAN ZAMAN PRASEJARAH DI INDONESIA

PEMBABAKAN ZAMAN PRASEJARAH DI INDONESIA GEOLOGI Arkaikum ± 2.500 juta tahun lalu Neozoikum ± 60 juta tahun lalu Mesozoikum ± 140 juta tahun lalu Palaeozoikum ± 340 juta tahun lalu I.                     MASA ARKAIKUM ›   Masa kehidupan purba berlangsung 4,5-4,2 miliar tahun lalu ›   Masa pembentukan kerak bumi ›   Kerak bumi terbentuk setelah pendinginan bagian tepi balon bumi ›   Batuan tertua tercatat berumur 3.800.000.000 tahun ›   Awal terbentuknya hidrosfer dan munculnya kehidupan primitif ›   Fosil tertua yang ditemukan fosil Stomatalit dan Cyanobacteria berumur 3.500.000.000 tahun Ciri : —   Belum ada kehidupan —   Bumi masih berupa bola gas yang panas —   Berlangsung 2.500 juta tahun yang lalu II.                   MASA PALEOZOIKUM Dalam bahasa Yunani, ‘Palio= tua’ dan ‘Zoion=hewan’   berarti kehidupan pur